Covid-19

Baitul Mal Aceh Tengah Siapkan Rp 1,5 Miliar Tangani Corona

Admin BMAT | Rabu, 01 Apr 2020  🕔 18:37:00 WIB 176 x 0  Berita
Baitul Mal Aceh Tengah Siapkan Rp 1,5 Miliar Tangani Corona

Gambar : Kepala Baitul Mall Aceh Tengah Drs Tgk H. Ridwan Qari

Kabargayo.com, Takengon : berbagai upaya terus dilakukan pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk menangani wabah virus Corona yang kian meresahkan masyarakat di tanah air. begitupun Baitul Mal, lembaga yang menangani harta umat Islam itu siapkan anggaran sebesar Rp.1,5 Miliar untuk tangani dampak dari virus berbahaya itu.

Anggaran yang disiapkan Baitul Mall Aceh Tengah itu diperuntukkan bagi masyarakat yang berdampak langsung atas mewabahnya virus Corona di Kabupaten berhawa sejuk itu. “Saat ini anggaran tersebut sedang dalam proses, selanjutnya, jika telah final, anggaran tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang, namun akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bentuk sembako,” kata Kepala Baitul Mall Aceh Tengah Drs.Tgk H Ridwan Qari, Rabu (01/04/2020) diruang kerjanya.

Lebih lanjut kata dia, anggaran tersebut diambil dari dana Gharim (orang miskin yang memiliki pengeluaran tak terduga dan tak mampu untuk memenuhinya). Biasanya anggaran itu diperuntukkan bagi masyarakat berobat atau menanggulangi bencana.

“Tergantung gejolaknya, jika virus ini makin berbahaya di Aceh Tengah anggaran cadangan dari Senip Miskin akan dipergunakan untuk menanggulanginya,” kata Ridwan Qari berharap Virus Covid-19 itu cepat berlalu.

Sedangkan untuk mekanisme penyaluran sembako itu kata dia akan dilakukan setelah anggaran disetujui. “ Setelah disetujui bersama nanti, apakah tim gugus yang menangani atau Baitul Mal, kami pikir itu hanya mekanisme dilapangan saja,” terangnya.

Lebih lanjut kata diam saat ini pihaknya sedang mempersiapkan petugas di Baitul Mall untuk penanganan masa darurat virus Corona, sekaligus sebagai posko penghubung kerjasama dengan tim gugus tugas percepatan penanganan viru corona Kabupaten Aceh Tengah.

“Ini juga sedang kami siapkan, karena wabah ini berdampak langsung dengan ekonomi masyarakat, untuk itu kami antisipasi dengan membuka posko,” terang Ridwan Qori.

Ia berharap, masyarakat di Kabupaten penghasil Kopi Arabika Gayo terbaik dunia itu untuk tetap mengikuti himbauan Pemerintah dalah hal penanganan Pandemi Covid-19. Lain itu tetap biasakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Ini adalah musibah, kita harus tetap berkeyakinan, setiap penyakit pasti ada obat. Untuk itu turuti himbauan yang dikeluarkan Pemerintah, tujuanya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” tutup Kepala Baitul Mall Ridwan Qori. (KAR)


Iklan Home

Info Terkait :


  1. Pemberdayaan Fakir Miskin Harus Dilakukan Bersama

    Admin BMAT | Rabu 09 Jun 2018 250 x 0

  2. Penyerahan Zakat Karyawan Bank Aceh

    Admin BMAT | Rabu 06 Jun 2018 417 x 0

Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar