Penyaluran Infaq Produktif Tahap I Dan Ii Tahun 2019

Baitul Mal Aceh Tengah Salurkan Infaq Produktif Tahap I Dan Ii Tahun 2019

Admin BMAT | Jumat, 18 Mei 2019  🕔 10:33:08 WIB 374 x 0  Ekonomi
Baitul Mal Aceh Tengah Salurkan Infaq Produktif Tahap I Dan Ii Tahun 2019

Gambar : Kabag. Perwalian dan Harta Agama Produktif BMK menyerahkan bantuan modal usaha dari Kampung Bebesen Aceh Tengah

Takengon : Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah tahun 2019 memprogramkan bantuan modal usaha bagi masyarakat yang berekonomi lemah di Kabupaten Aceh Tengah yang bersumber dari dana infaq. Program tersebut bertujuan untuk menopang usaha kecil ( pedagang dan petani) agar mereka mampu mengelola usahanya secara mandiri tanpa berkaitan dengan transaksi yang bersifat ribawy atau rentenir.

Pada tahun 2019 diberikan bantuan tahap pertama berjumlah Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) yang terdiri dari pedagang 9 (sembilan) orang dan petani 1 (satu) orang. Sedangkan tahap kedua berjumlah Rp. 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) yang terdiri dari pedagang 12 (dua belas) orang dan usaha lain (bengkel) 1 orang. Sebelum diberikan bantuan, terhadap masing-masing pemohon terlebih dahulu dilakukan proses verifikasi faktual dilapangan terkait ketepatan sasaran dan kemampuan menggunakan bantuan yang diberikan secara baik dan produktif.

Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah melalui Bagian Perwalian dan Harta Agama Produktif melakukan pembinaan terhadap para penerima bantuan pada setiap bulannya. Penerima bantuan wajib memberikan infaq Kepada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah sejumlah besaran bantuan yang diberikan dalam jangka waktu 1 (satu) tahun sesuai dengan akad perjanjian yang telah disepakati. Ketentuan tersebut sebagai upaya Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah dalam mengimplementasikan kandungan Al- Qur’an surat Al- Baqarah 272 dalam kehidupan masyarakat yaitu ” apa yang kamu infaqkan untuk mencari ridha Allah, maka Allah akan membalasnya dengan yang lebih baik”. Kandungan ayat tersebut merupakan jaminan yang ditegaskan oleh Allah bagi orang-orang yang menginfaqkan hartanya artinya, bahwa seseorang yang sedang berusaha atau yang akan berusaha agar menyisihkan sebagian rezekinya (berinfaq) untuk mencari ridha Allah agar kehidupannya lebih baik dari pada sebelumnya. Besaran infaq ini tidak dipatok tetapi tergantung keridhaan pemanfaat infaq.

Disaat pemberian bantuan tahap pertama dan tahap kedua ini Kabag. Perwalian dan Harta Agama Produktif Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah Sukriadinata, SH menyatakan bahwa di Aceh Tengah masih banyak masyarakat pedagang yang masih ketergantungan dengan rentenir. Sebagian dari mereka mengakui bahwa prosenya praktis dan mudah, maka oleh sebab itu Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah menawarkan konsep infaq terhadap mereka yang terjerat rentenir agar transaksi ribawi perlahan-lahan beralih pada transaksi Islam di tengah-tengah kehidupan masyarakat Aceh Tengah dalam berusaha dan aktifitas transaksi.

Sumber : Bagian Sosialisasi dan Pembinaan Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah


Iklan Home

Info Terkait :

Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar