Beasiswa Santri

26 Santri Miskin Di Aceh Tengah Terima Beasiswa Baitul Mal Aceh Tahun 2019

Admin BMAT | Jumat, 18 Mei 2019  🕔 10:29:15 WIB 447 x 0  Pendidikan
26 Santri Miskin Di Aceh Tengah Terima Beasiswa Baitul Mal Aceh Tahun 2019

Gambar : Pegawai Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah menyerahkan data santri kepada Baitul Mal Aceh

Takengon : Sehubungan dengan program Baitul Mal Aceh tentang bantuan biaya pendidikan bagi santri miskin Se-Aceh tahun 2019, maka untuk Aceh Tengah mendapat kuota sebayak 26 orang santri, sesuai dengan petunjuk teknis yang diberikan oleh Baitul Mal Aceh mengenai bantuan beasiswa tersebut. Untuk menindak lanjuti hal tersebut, Baitul Mal Aceh Tengah melakukan verifikasi faktual terhadap santri yang berhak menerima beasiswa.

Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah Bapak Drs. Ridwan Qari menyambut baik program tersebut,walaupun kuota yang diberikan sangat sedikit di bandingkan dengan kabupaten/kota lainnya yang ada di Aceh. “ Kita berupaya dengan kuota yang diberikan di seleksi secara maksimal dan tepat sasaran, dengan harapan untuk tahun berikutnya kuota beasiswa santri miskin untuk Aceh Tengah dapat bertambah, karena mengingat jumlah Pesantren/Dayah yang ada di Kabupaten Aceh Tengah sangat banyak serta santrinya yang terdiri dari anak-anak dari keluarga miskin tentu sangat membutuhkanya”

Setelah dilakukan proses verifikasi oleh Tim yang di tugaskan Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah, maka untuk tahun 2019 ini, santri yang menerima bantuan biaya pendidikan tersebut berasal dari pesantren/Dayah Sirajuddin Serule, Mi’yarul Ulum Al-Aziziah Bintang, Al-Huda Jagong Jeget dan Al-Ummah Bies Mulie yang keseluruhannya merupakan santri dari keluarga Miskin.

Salah satu Tim verifikasi yaitu saudara Sukriadinata, SH menyatakan “ bahwa proses verifikasi yang dilakukan langsung turun ke setiap pesantren/dayah yang tersebut di atas, karena secara faktual kita ingin memastikan keberadaan pesantren/dayah serta keadaan keluarga (orang tua) santri yang bersangkutan. Setelah diverifikasi bahwa benar pada lembaga tersebut banyak terdapat santri dari keluarga miskin yang tidak memilih sekolah di luar daerah ataupun Lembaga formal yang dibiayai oleh Pemerintah. Untuk itu kami mendata nama-nama santri dan mengusulkannya kepada Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah untuk disetujui dan diteruskan kepada Baitul Mal Aceh. Selanjutnya bantuan akan langsung diberikan melalui buku rekening masing-masing atas nama santri yang bersangkutan tanpa prantara pihak manapun, termasuk Baitul Mal Aceh Tengah” tukasnya.

Jika pada tahun berikutnya Kabupaten Aceh Tengah kembali mendapatkan kuota beasiswa dari Baitul Mal Aceh, maka diberikan kepada pesantren/dayah yang santrinya belum pernah mendapatkan beasiswa yang sama. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerataan penerima beasiswa Baitul Mal Aceh di Kabupaten Aceh Tengah. Semoga beasiswa yang diterima dapat bermanfaat untuk kebutuhan pendidikannya serta dapat sedikit meringankan beban keluarga dalam hal membiayai pendidikan anak-anaknya dan tentunya untuk kemajuan daerah.

Sumber : Bagian Sosialisasi dan Pembinaan


Iklan Home

Info Terkait :

Komentar dari Facebook

Semua Komentar

Tulis Komentar